Monday, June 11, 2018

Jadilah pembeli yang beretika

Jadi ceritanya saya jualan barang2 preloved ex-bayi lewat jasa titip jual di instagram, sebelumnya saya juga buat toko di salah satu market place, dan so far ga ada yg komplain, karena saya kasih harga yang sesuai untuk barang preloved, kadang cenderung murah untuk barang new ex-kado.

Singkat cerita, minggu lalu saya mulai tipju (titip jual) karena barang2 yg tersisa adalah yang lumayan bulky, yaitu stroller. Sebelum pasang harga saya sudah browsing dong harga pasaran bekas berapa, dan saya bonuskan alas stroller dan stroller hook.

Singkat cerita lagi, ada yang nawar, biasa lah emak2 nawarnya memang sadis, dalam hati saya berujar keknya saya ga gini2 amat klo nawar. Hingga sampai di satu newbie mommy, minat dengan barang yang saya tawarkan, dan dia minta diantar ke daerah cawang, padahal di iklan sudah saya tulis cod bekasi karena saya malas nganter2, krn ga dihitung biaya kirimnya kan, trus saya sebut beberapa titik point bekasi, dia ga tau katanya....diskusi dengan suami, dia bilang gpp lah hitung2 pahala.

Malamnya saya pastikan apakah fix untuk beli stroller? dia bilang oke. Paginya pun saya pastikan, masih oke. Jam 8 pagi saya meluncur dengan rombongan ke bilangan cipinang dari bekasi, gegara si pembeli rikwes maunya dibawah jam 10 pagi krn suamiknya kerja jam 10, sabtu dia bisanya malam, yg mana ga mungkin karena mau tarawih kan yeee...oke back to topic, meluncur jam 8 kurang, jalanan kondusif, bekasi-cipinang via kalimalang bisa ditempuh dalam hitungan menit, kurleb 8.45 lah kita tiba disana. Langsung dong info si pembeli  kalau kita udah sampai. Dan dibalas dia mau berangkat juga, sip lah.... menunggu lah kita dipinggir jalan.

Beberapa menit kemudian si pembeli wa, intinya harga stroller saya dibanding dengan harga stroller baru ga terlalu jauh, trus dia nawar....yaaa maliihhh, kenapa ga malem atau sebelum berangkat sih dia nawarnya, norakkkk! Trus katanya kalau saya ga mau dengan harga yang dia tawar dia ngga mau, buseeett.... hell-o saya udah dipinggir jalan, nunggu nyaris 30 menit, trus dia dengan enaknya membatalkan karena ga mau saya ditawar? KZL ga sih, trus saya sahutin aja, silakan beli yang baru ya, moga berkah. Delete chat, dia masih balas, ga saya baca, langsung delete.

Pembeli nawar.....penjual ga deal, fine
Pembeli nawar....penjual deal, fine

Pembeli ga nawar, penjual hepi..... good
Pembeli ga nawar, trus deal, janjian di tkp trus tetiba batal....? muke lo jaohh

Untuk ibu2/emak2/bunda2....please be wise, jika kita suatu saat di posisi seperti itu gimana? Jangan mau enaknya sendiri. Dan kalau suatu hari...you, diperlakukan seperti itu, inget2 deh, apakah you pernah dzolim sebelumnya dengan orang lain. Agree?

3 comments:

Mau Komen2 Boleh, asal jangan nyepam yak!!!