Monday, June 17, 2013

Berbagi info dokter SPOG

Pengalaman 2 kali hamil, membuat saya "rajin" berurusan dengan dokter SPOG.
SPOG adalah kepanjangan dari Spesialis Obstetri dan Ginekologi, ada jg yang menyebutnya dengan Obgyn..... yang familiar mungkin dengan sebutan dokter kandungan.

Semua dokter yang saya kunjungi adalah wanita dari berbagai macam rumah sakit, berikut saya buat ulasannya, semoga bisa bermanfaat buat yang membaca :

dr. Nina Martini S, spOG
saya mengunjunginya ketika hamil yang pertama, Beliau praktek di poli eksekutif RS Hermina Bekasi, dokter yang tergolong senior, matang dan cantik (semua dokter cantik, wondering why), sayangnya karena senior, kesan di saya sepertinya kurang komunikatif, sebagai wanita yang baru saja hamil, berharap sang dokter menjelaskan dengan gamblang tapi ternyata ga seperti yang saya harapkan.

dr. Anna, spOG
Beliau praktek di rumah sakit milik sendiri, RSIA Anna Medika, Bekasi. Dapat nama beliau atas referensi seorang teman kantor, dokter senior juga, berhubung cuman kontrol sekali, ngga banyak yang bisa saya sharing. Kl menurut teman saya, dokternya teliti tapi harus kita sebagai pasien yang aktif bertanya. Mungkinkah semua dokter senior memang begini ya?

dr. Siti Musrifah, spOG
Sepertinya tergolong dokter junior, sepengetahuan saya, beliau praktek di 2 rumah sakit di daerah jakarta timur, RSIA Resti Mulya-Penggilingan dan RSIA Bunda Aliyah-Duren Sawit. Sama dengan 2 dokter yang pertama saya sebut, tidak terlalu banyak omong, tp banyak menjawab ketika kita bertanya. Dan kita bebas semisalnya mau berkonsultasi di luar jam praktek by phone atau sms.


dr. Siti Pudyastuti, spOG (k)
Salah satu konsulen fetomaternal, pernah masuk iklan tipi, antriannya amit2 deh... bahkan harus 2 hari sebelumnya....iya sih bisa buking by phone, tapi masa iya harus jam 12 malem, perjuangan banget. Praktek di RSIA Bunda Aliyah-Duren Sawit. Kata orang2 sih agak galak, menurut saya bukan galak tapi tegas. Dia yang memeriksa baby-J terakhir kali  dan dinyatakan sangat sehat tapi 2 hari kemudian baby-J berpulang :'(


dr. Surahman Hakim spOG (k)
Satu-satunya dokter laki2 yang saya sambangi di tengah persiapan hamil ke-3, dokternya kocak dan komunikatif, praktek di tempat yang sama dengan dr. Siti Musrifah spOG. Selalu kebagian urutan di akhir antrian jika ke dokter ini. catat ya JAM 11 malam, untungnya malam minggu hehehe...karenanya kita selalu datang lewat jam 9, males antri. Semoga cocok dengan dokter ini.


Untuk tarif konsultasi, RSIA Resti Mulya yang paling murah diantara yang lain. Untuk fasilitas dan lainnya buat saya sih sama aja, belum mencoba untuk rawat inap. Jika liat di brosur sih masih dalam standar rumah sakit pada umumnya ada tempat tidur, ruangan ac, televisi, tergantung kelasnya juga...... tapi, siapa sih yang mau di rumah sakit lama2 ;)

9 comments:

  1. wuih ke obgyn tnyt capek antrinya juga ya?

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya gw jg maunya dsog yang wanita aja say.....tapi beberapa kali pengalaman blm nemu yg sreg di ati hihihi....
      eh diiket gimana maksutnya? ngga ngerti deh....

      aamiin....sukses jg buat Ratu :)

      Delete
    2. kemaren tuh kasusku, sebagian kantung ketuban tempat si baby sudah keluar mulut rahim, jadi bentuknya kaya kapsul vitamin rambut elips itu loh, ada gelembung yang kecil dan yang besar.nah gelembung yang kecil itu udah diluar mulut rahim, tadinya ada tindakan si kantung ketuban yang ada di luar mulut rahim itu mau didorong masuk lagi ke rahim kemudian si mulut rahimnya di 'iket' kalo gag salah, nama tindakannya : macdonalds --> http://en.wikipedia.org/wiki/Cervical_cerclage

      tapi ternyata dorongan/kontraksi dari rahim lebih kuat sehingga si gelembung kecil gag bisa di dorong masuk dan dikhawatirkan akan pecah kalau dipaksakan. gitu bu.

      jadi si dokter gua itu selanjutnya mau observe point itu dengan usg transvag tiap kali periksa, untuk kehamilan selanjutnya. tapi belum positip nih gua nya. ahahahah.

      coba aja bu, ama dokter gua, cari second opinion atau opini dokter yang kesekian :D, di hermina galaxy itu hari sabtu pagi jam 10-12, bisa booking via telp kok beberapa hari sebelumnya :)

      Delete
    3. ooh... kasus yang jarang ya say... moga next pregnancy lancar dan selamat aamiin..

      minggu lalu pas ke cilegon gw sempat ke dsog, ganteng dokternya hihihihi, baik hati dan teliti pula..... tapi jauh bangeeet. makasih infonya yaaa

      Delete
  3. ikut komen yah... 2 kali hamil dan melahirkan saya selalu menggunakan Dr. Surachman Hakim SPOG.. memang bener kocak orangnya dan suster2nya pun kocak, walau di ruang operasi (2x SC) masih bisa membuat kita tertawa.. pokoknya asik deh pakai Dr. Surachman Hakim SPOG.. ga tegang kitanya..

    ReplyDelete
  4. mba dev,
    smoga jilid-3 ini lancar & sehat smua ya... amin
    share skalian ah, 3x hamil ke dsog dr. Dwi Rasyanti di RSHaji Jkt. sebenernya praktek juga di Hermina Bekasi tapi yang paling deket rumah ya di RSHaji. dokternya enak, komunikatif. hanya kadang suka datang terlambat kalo di poli dan waktu melahirkan pertama juga ga dateng2 thu. sempet mau ganti dokter waktu hamil ke-2 tapi udah coba ke dsog lain kok ndak sreg jadi ya balik lagi deh ke beliau. alhamdulillah kelahiran ke-2 datang tepat waktu. :D

    ReplyDelete

Mau Komen2 Boleh, asal jangan nyepam yak!!!