Monday, June 18, 2007

trip to pulau pramuka

Setelah satu bulan persiapan, wara-wiri e-mail, plus sms2an , akhirnya jadi juga tanggal 16-17 Juni 2007 kmrn buat jalan ke pulau pramuka, meski ngga jadi lewat muara angke karena isu air pasang dsb, akhirnya kami ber-19, berangkat via dermaga 19 - marina ancol dg kapal sepa. Berikut itenary-nya hehehhe..

Day I - 16 Juni 2007
04.30
bangun pagi kuterus mandi, setelah semalem ngga bisa tidur nyenyak, bukan nervous karena mo jalan, tapi nervous krn takut kesiangan, nyaris 1 jam sekali bangun.. tidur benar2 ngga nyenyak, pdhal baru sampe rumah jam setengah sembilan malem, gara2 harus belanja persiapan gathering divisi saya akhir bulan ini.
05.30
setelah beres ngecek2 persiapan plus minta ijin sm bokap *diijinin juga meski saya minta ijin pada saat2 terakhir - dg iming2 janji manis klo pasang bakalan balik lagi * ,setelah sebelumnya sms2an dg Ardi buat nanya arah busway, tadinya saya berencana naik kereta sampai kota, dari kota naik mikrolet atau ojek menuju ancol, but ardi kasih 2nd opinion utk naik busway, modal nekat saya pun memutuskan naik busway, dari rumah saya naik metromini jurusan pulogadung - 2rb perak lanjut naik busway jurusan dukuh atas, transit dimatraman buat naik ke jurusan ancol, berhubung masih dibawah jam 7 pagi, maka tarif busway cuman 2rb perak aja.
07.30
sampe juga ancol, bener kata Ardi, lebih deket naik busway klo mau ke dermaga..masuk ancol, bayar 10rb, petunjuk jalan cukup jelas, walau saya bertanya juga sama petugas tiket arah menuju dermaga..jalan kaki 600 mtr-an utk menuju dermaga 19, kurang lebih 15 menit jalan kaki sampe juga ke dermaga yg dimaksud.. yg lain udah berkumpul, Ari yg pertama menyapa saya, secara minggu kemarin baru aja nobar-an.
08.15
Kapal sepa yg akan membawa kami berangkat, 15 menit lebih lambat dari waktu yg diperkirakan. tarif kapal sepa 100rb utk satu kali jalan.
09.15
sampai juga di pulau pramuka..nice view..secara kita nginep di vila d'lima, yg punya pemandangan langsung menghadap laut. Pembagian kamar, nyimpen tas, lalu hunting makan siang.
11.00
ke penangkaran penyu, yg terletak di bagian timur dari pulau ini.
13.00
berangkat snorkling yg pertama, berhubung saya lagi "off" maka saya ngga ikutan snorkling.. hiks.. pulau pertama yg kami kunjungin adalah pulau kotok kecil, Sementara yg lain sibuk ber-snorkling saya menyibukkan diri dg hunting foto disekitar lokasi. setelah puas, kami beranjak ke pulau semak daun, karang disini lebih bagus, saya berhasil mengambil beberapa gambar.. pulang menunggu senja, secara pengen ngeliat sunset dipulau ini, cuman sayangnya terhalang kabut :(
pengalaman seru terjadi ketika pulang, kapal mendadak mati mesin..untungnya ada kapal nelayan lewat, kapal kamipun ditarik menuju pulau panggang.. selang setengah jam dipulau panggang, mesin pun berhasil hidup dan akhirnya kami pulang menuju pulau pramuka lagi.

Day II - 17 Juni 2007
04.30
Bangun pagi,langsung ambil kamera.. berburu sunrise...sebenarnya saya udah rada pesimis, bukan karena kesiangan tapi semalam saya mendengar geledek kecil..perkiraan saya bakaln hujan atau mendung, yah..walau tidak hujan tapi mendung.. sunrise tidak terlihat, baru terlihat sekitar pukul 06.00 atau kurang *maap ga pake jam* udah tinggi.. so missed the moment again :(
09.00
sehabis sarapan, kamipun melanjutkan snorkling hari kedua..tujuan kali ini adalah pulau karang besar *or karang lebar-- lupa :d* banyak teman yg mabuk pas snorkling hari kedua ini, mungkin karena sarapan dulu? - rencananya habis ke karang besar mau lanjut ke pulau air, tapi berhubung hujan, kamipun hanya mendarat sebentar menunggu hujan reda dipulau karya, lalu begitu hujan mereda kamipun kembali ke pulau pramuka.
11.00
bersih-bersih, packing, nyari makan siang, berhubung kapal yg akan mengangkut kita kembali ke jakarta sudah bersandar.
13.30
kapal ojek pun berangkat, tarif murah cuman 25rb.. cuman emang waktu tempuh lebih lama dari kapal sepa, klo dg kapal sepa hanya satu jam 15 menit dengan kapal ojek bisa dua setengah jam, dan tidak lagi berhenti di dermaga ancol tapi di muara angke.. tapi pengalamannya sebanding lah... buktinya saya masih merasakan "ojek lag" sehabis naik kapal ojek hehehhe...
18.30
sampai juga dirumah... Alhamdulillah..

Thanks to:- Mas Soleh yg udah nge-arrange trip kali ini
- Eki yg udah nge-booked kapal sepa
- Ardi buat petunjuk arah busway