Monday, September 23, 2013

kasih-an atau kasih-in

Seminggu full menggunakan angkutan umum, menambah rasa pesimistis saja dibanding rasa simpatisnya. Lho kok simpatis? Iya...kadang kl lagi antri aka macet dijalan, ngeliat wajah melas para supir angkot dengan penumpang yang hanya satu-dua terbersit rasa kasihan, ngga heran jika mereka bela2in ngetem nunggu bubaran pabrik atau sekadar nunggu 1 orang penumpang diujung gang, yang pada akhirnya lebih sering si penumpang ngga jadi naik krn beda arah. Atau jalan dengan kecepatan maksimal 20 km/j dan kita misah-misuh dibelakangnya sambil tangan ngga jauh dari tombol klakson.

Yaaaa... kl ngelihat itu jadi simpatis sama supir angkutan umum. Tapiiiii kl sudah jalan kayak ngga sadar bawa manusia, sradak-sruduk, ngerem mendadak....huh dongkol. Blom lagi seenaknya ambil jalan yang lain, main nyelip ditengah kemacetan....arrghhh elus2 dada aja cuman bisa maklum.

Nah itu baru dari sisi si angkutan umumnya, terkait dengan kasihan atau kasihin adalah banyaknya pengamen yang turun-naik angkutan umum dengan kacrak-kecrek kadang akustikan ngga jelas. Dalih-dalih minta belas kasihan krn blm makan.....mengamen lebih baik daripada mencopet..... dengan dandanan punk, beranting, dekil, dan kadang bertato. Belum lagi muka galak, tampang mabok, ngoceh ngga jelas dan......maksa!

Pengalaman seminggu menggunakan angkutan umum, tidak sedikitpun niatan buat memberi pengamen2 itu recehan. Buat saya mereka itu pemalas.....! Beberapa penumpang ada yang memberi tapi terlihat raut yang tidak ikhlas dan setengah terpaksa. Bagi saya memberi hati pada mereka bukan mengurangi populasinya malah semakin bertambah. Ini bagian yang bikin rasa pesimistis menggunakan angkutan umum.

Pernah seorang penumpang menegur temannya yang memberi receh pada pengamen jalanan, dia bilang jika memberi, tidak hanya pengamen tapi asongan, pengemis dan bila tertangkap tangan akan dikenakan denda sebesar Rp. 100.000,- oleh pemerintah DKI. Entah peraturan itu benar adanya atau baru isu, tapi saya mendukung sekali jika benar adanya. Jika pun baru isu, ayoo dong dibuat peraturan itu.....masa iya ada pengemis yang berpenghasilan Rp 700.000,- per-hari dari meminta2 .... dan itu bukan di jakarta lho, GILAAAA!!!!

Berhubung peraturan blom ada, ngga ada salahnya kan dimulai dari diri sendiri.....STOP kasihan dan JANGAN kasihin uang pada pengamen, anak jalanan dan pengemis.


2 comments:

  1. ya tergantung pengemis nya juga sih, ada tuh di deket rumah ku pengemis nenek2 udah tua, kurus, cuman berdiri doang di pojokan tiap sore... itu kasian emang bener2 gak berdaya gitu.

    tapi klo pengamen yg nyanyinya gak jelas, trus yg ibu2 msh seger yg ngemis, itu mah gak akan dikasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw pernah "tertipu" dengan tatapan melas dan fisik ngga berdaya...jadi pengemis ini lumpuh jalan aja diseret mangkal depan indom*rt dkt mesin atm, gw selalu sempatkan mbungkusin nasi kl pas jam maksi. suatu saat pas sore pulang kerja gw liat dia naik becak....fine dg naik becaknya tapi ngerokok boww.....bahkan tadi pagi gw liat dia masih mangkal ditempat yang sama dengan rokok ditangannya :'(
      tapi tergantung hati nurani jg yaa...kl kasus kyk yg lo temuin mgkn gw jg akan merasa kasihan. gw lbh sreg kl berinfak/sodakoh dijalur resmi aja..so follow ur heart...iih apa siyy

      Delete

Mau Komen2 Boleh, asal jangan nyepam yak!!!