Monday, April 8, 2013

titip menitip kerjaan



Titip menitip kerjaan dalam tulisan kali ini bukan dalam sisi, " eh kerjain kerjaan gw dong...nanti kapan2 gw kerjain kerjaan lo"... bukan itu, tapi kerjaan yang berarti "cari kerja".

Di pabrik saya, hal ini lumrah dilakukan, jadi jangan heran klo dalam satu pabrik ini ada ayah-anak, paman-ponakan, adik-kakak, bahkan tetangga-tetangga yang kerja disatu atap. Yaaaa klo pas dengan kriteria kerjaan dan pas ada posisi lowong ya disambut aja dengan tangan terbuka. Nah, ini lebih sering dengan bahasa "titip kerjaan buat...." tapi maksa2, mengada2kan suatu posisi buat orang tsb.

Seperti pagi ini, saya udah rada curiga pas ada yang mendekati saya, ngobrol basa-basi trus ujung2nya, pengumuman..bahwa anaknya udah lulus dan minta dimasukan kerja dibawah divisi saya, ketika saya jelasin bahwa sedang butuh driver alat angkat, dia menolak dan bilang klo bisa yang dikantor aja kerjanya *idiihh nawar*. Kadang saya cuma bisa berucap InsyaAllah, tanpa memberi harapan manis. Karena saya cukup paham karakter mereka2 ini, awalnya manis2... pas titipannya ngga masuk, huh.. boro2 negur aja ngga eh jangankan negur, klo bisa ngehindari mereka dari kita. Nah, jika titipannya masuk sebagai tenaga kontrak, nanti lama2 menuntut minta kejelasan status..... Udah riweuh saya dengan titip-menitip ini. Bukannya ngga mau bantu, tapi saya lebih senang jika ikuti aja aturan main yang ada, lewat outsourcing, ikuti test, klo lulus kan lebih membanggakan dan hasil usaha sendiri.

Ada juga yang sudah 2 tahun lalu minta tolong buat masukin anaknya, sampai hari ini ternyata itu anak blom kerja2 juga.......woot???  ngarep banget kerja disini sampai rela nunggu 2 tahun tanpa melamar ke tempat lain...waduuuhh. Klo gini saya jadi mikir, buat nyari kerja aja udah males apalagi klo udah kerja?

Wake up guys..... jemputlah rejekimu, jangan hanya ditunggu :)



6 comments:

  1. ALLOH SWT tidak akan mengubah nasib suatu kaum,jika kaum tsb tdk mengubah nasib mereka sendiri.

    Mengubah di sini hendaknya dg cara yg proper

    ReplyDelete
  2. itu kebiasaan yang jelek ya. moga-moga gak makin banyak yang seperti itu

    ReplyDelete
  3. masa sih di kantor swasta kaya gitu?
    aku kira di negri doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tempat gw mang kek gitu say... perekrutan tenaga kerja kadang ngga melalui hrd, makanya tiap bulan hrd selalu minta data tenaga kerja ke tiap divisi. tapi sebenarnya klo ada yang mau bertindak tegas meluruskan sistem yang ada... gw yakin sih ngga bakal kek gini

      Delete

Mau Komen2 Boleh, asal jangan nyepam yak!!!