Friday, April 12, 2013

preman oh preman


Pa  si pa pa… preman.. preman

Yaa kurleb begitu lirik lagu dari ikang fawzi yang tenar di era 80an. Jangan Tanya judul, terus terang ngga tau dan males browsing juga hehehe…

Eniwei, beberapa minggu yang lalu gencar banget pemberitaan ttg preman di lapas cebongan, membuat saya tergelitik buat membahas “komunitas” ini. Buat pengguna jalan, ngga asing lah dengan beberapa preman yang berkedok,  maksudnya berkedok "bekerja" tapi ternyata maksa, beberapa saya sebutkan contohnya :


Preman Parkir
Datang tak diundang, pulang tak diusir...... tau-tau muncul aja. Hal ini terjadi pada saat kita akan meninggalkan suatu area parkir di pertokoan. Awalnya yakin banget ngga ada tukang parkir, biasanya jg mampir kesitu ngga pernah ada kok, eh tiba2 muncul aja dari pojokan..main tarik motor dengan kesan seolah membantu, ujung2nya minta uang parkir.
ummm, mungkin ini ngga terlalu ekstrim yaa....yang ekstrim itu pas beberapa minggu lalu saya mengunjungi area parkir timur senayan. Memasuki area dikenai uang masuk Rp 2.000, yup..itu bukan tiket parkir. Nah pas didalam, kita kan clingak-clinguk cari tempat parkir motor dimana, tiba2 ada dong yang manggil2.."disini aja mas parkirnya" dikira orang bantu kasih tau? bukaannn! Pada saat kita mau ambil kendaraan baru deh ditagih dengan nilai yang ngga logis utk ukuran parkir motor. Pernah saya dan swami diteriaki "A**JI**" sama salah satu preman itu krn kita ngga tau ada tarif tambahan. Pas kita berhenti, dia bilang cek stnk dulu.... *modus* trus menyebutkan nilai nominal sambil berbisik. Halooo...siapa yang A**JI**
Ketika ada berita ttg razia preman didaerah situ, saya mungkin salah satu yang tertawa paling keras, harapannya sih ngga ada lagi tuh preman parkir didaerah itu.........tapi......... ternyata TIDAK! minggu lalu mampir ke area parkir timur senayan lagi, masih ada aja pungutan "parkir" itu, wlo nilainya tidak sebesar yang pertama saya alami.


Preman Pak Ogah

Pak Ogah atau polisi cepek...yang sekarang naik pangkat jadi polisi gopek.. *errr ntah kenapa sih ada embel2 nama polisinya?* Ini yang kadang bikin saya muak. Entah berapa putaran yang saya harus lewati ketika berangkat dan pulang kantor. Klo tiap putaran saya beri 500 perak dikalikan sekian putaran dikalikan sekian hari....woww fantastis nilainya, bisa buat isi bensin seminggu tuh. Yang bikin eneg klo pak ogah itu mangkal dibelokan kiri, yang jelas2 di p3an lampu merah ditulis "belok kiri boleh langsung" lha ini ngapain juga mangkal disituh. Nyebelinnya lagi, mereka kadang masih diusia sekolah, kecil2 gitu.... eh pada ngerokok juga. Huuuhh pengen tak pites. Nah yang bagian premannya, kadang ada yg jahat looh.. kendaraan kita dibaret klo tidak memberikan nominal pasaran yang berlaku....atau ada juga yang ngelempar koin yang kita kasih klo jumlahnya ngga sesuai dengan nilai pasaran *sigh*


Preman Angkutan Umum
Nah ini jenis yang lebih saya takuti, keberadaan mereka marak sejak krismon melanda. Kebanyakan beroperasi di bis umum, sekarang malah angkot yg kecil2.. dandanannya cenderung seram...berpakaian dekil dengan suara berat, jika di bis umum, mereka biasanya mereka berkoar2 baru keluar dari penjara, butuh duit buat makan, klo diangkot kadang tepok2 tangan dengan nyanyian ngga jelas trus minta uang. jika ngga dikasih mereka akan tetap berdiri didepan kita (kejadian di bis) klo diangkot mereka biasanya turun aja sambil menggerutu dan pindah ke angkot lain.

Nah, apa yang bisa kita lakukan bila berhadapan dengan mereka? salah satunya bersikap menolak dengan tegas dan rada galak, biasanya mereka jg ciut klo ngeliat kita bersikap seperti itu. Ngga mempan juga? Minta bantuan aparat, barangkali.. jika ada. Selanjutnya bisa dengan menasihati, hal ini bisa dilakukan jika kita jauh lebih senior dibanding mereka, yang terakhir klo ngga mempan juga... ya sudah ikhlaskan saja dan doakan semoga mereka kembali ke jalan yang benar :)


PS.
Tulisan ini sekadar info dari kejadian yang pernah saya alami, mohon maaf bila ada beberapa kata yang kurang berkenan. Oia, preman itu kepanjangan dari apa sih?

2 comments:

  1. menarik ceritanya..
    tau deh preman itu kepanjangannya apa..

    ReplyDelete
  2. pre = free =bebas
    man = manusia
    jadi manusia yang bebas narik retribusi apa aja
    ahahahaha...
    jangan di cari di wiki, itu definisi saya sendiri :D

    ReplyDelete

Mau Komen2 Boleh, asal jangan nyepam yak!!!