Tuesday, November 13, 2012

wiskul di waduk walahar

Pernah denger atau berkunjung ke waduk walahar? saya pernah baca di salah satu koran ibukota mengenai waduk ini. Waduk Walahar terletak di Desa Walahar, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Waduk ini merupakan waduk peninggalan Belanda yang sangat kokoh berfungsi untuk menahan banjir dikala air sungai Citarum meluap. Dikala musim kemarau waduk ini berfungsi mengairi puluhan ribu hektar sawah di Karawang dan sekitarnya. Menurut tulisan diatas waduk ini sudah mulai beroperasi sejak tanggal 28 November 1925. Renovasi terakhir ditahun 2004 *klo ngga salah ingat*

Untuk mencapai lokasi Walahar dari Tol Jakarta – Cikampek keluar di pintu tol Karawang Timur. Setelah keluar tol lurus kemudian bertemu pertigaan lampu merah belok kanan. Kemudian lurus terus ikutin jalan raya besar, sekitar 2 kilometer kemudian, belok kanan lagi. Dari situ tinggal ikuti rute jalan dan kurang lebih satu kilometer kemudian akan terlihat Waduk Walahar, jalanannya banyak yg berlubang, jadi agak kurang nyaman berkendara. Akan tetapi tidak menyurutkan para pelancong utk menempuh perjalanan ini. Belum lagi kanan dan kiri jalan banyak terdapat pedagang kaki lima yang menambah sesak jalan.

Nah, di area waduk walahar ini terdapat rumah makan yang katanya terkenal dengan pepes jambalnya. Berhubung adik ipar ada yang berulang-tahun jadilah disempatkan makan-makan disana. Nama rumah makannya "Rumah Makan pepes jambal walahar Bp. H. Dirja". Seperti namanya, menu andalannya tentu saja sang pepes jambal. Tapi buat yg ngga suka pepes jambal, jangan kuatir....masih ada jenis pepes  yang lain #lho hehehe..


sebelahan sama waduk

Seni memasak yang disajikan dirumah makan ini masih tradisional, pas iseng ngintip ke bagian dapur, masih pake kayu bakar lho...... dan yang penuh sensasi, katanya sih nasinya itu hasil dari menanam padi sendiri. Dan setelah saya icip, rasa nasinya memang pas banget, pas pulennya... yaaaaa agak kecampur juga sih sama rasa lapar.

masih pake kayu bakar


Hal yang harus dipersiapkan ketika mampir ke rumah makan ini adalah ekstra sabar.....bukan dalam hal nunggu makanan datang, tapi waktu tempuh menuju rumah makannya. Berhubung waduk walahar ngga didesain utk dilewati kendaraan roda 4, jadilah antrian mengular. Dan kebanyakan antrian kendaraan memang menuju rumah makan ini, yang letaknya persissss disebelah pintu waduk.

Klo sedang melintas di karawang dan merasa lapar, boleh lah melipir buat mampir ke rumah makan ini. Saran saya sih klo bisa jangan pas wiken, ekstra sabarnya itu lohhh yang harus disiapkan, selain isi dompet juga hehehe...


2 comments:

Mau Komen2 Boleh, asal jangan nyepam yak!!!