Friday, May 14, 2010

Krakatau 1-2 Mei 2010 (2)

Perjalanan dari Canti menuju Pulau Sebesi kurang lebih 1.5 jam, dalam perjalanan kami sempatkan mampir ke sebuku dan pulau umang-umang *bisa di googling buat yg penasaran* ada apa disebuku? well, perahu mendarat ditempat yang kurang sempurna yang mana banyak tumpukan karang pengganti pasir, lumayan tajam, jadi harus beralas-kaki bila turun. Tapi disisi lain dari pantainya terdapat pasir yang lembut... berenang-renang dan foto-foto menjadi agenda kami disitu. 

Puas disana, kami bergeser ke pulau umang-umang, perahu tidak bisa terlalu pinggir menepi, jadilah kami berenang buat mencapai pulau ini. Sebenarnya ini triknya si Adie aja *sebagai ketua rombongan* supaya pada nyebur semua. Pulau ini kecil, berpasir halus dan terdapat banyak batuan yang bentuknya macam-macam, ada yg berupa kursi hingga bisa diduduki. Dan petaka pun terjadi di pulau ini, ternyata laut dipulau ini menyimpan banyak ubur2 didalamnya. Lumayan banyak yg jadi korban, tapi digosok perlahan dengan pasir, gatal2 pun hilang. Petaka pun terjadi ketika kami akan kembali ke kapal, ombak mendadak besar dan kami pun  terpaksa melawan arus utk kembali ke kapal.... perjuangan-hidup-dan-mati secara ABK-nya yg jago berenangpun terseret oleh ombak.. syukurlah semua selamat dan kami melanjutkan perjalanan ke Pulau Sebesi.


Sebesi merupakan pulau terdekat dengan krakatau,  wlo masih 1.5jam lagi perjalanan. Tapi kami tidak sempat meng-eksplore pulau ini terlalu dalam, yang pasti penginapannya terletak dipinggir pantai, seperti pulau-pulau pada umumnya, hidupnya listrik ada waktunya. Disana kami ishoma, utk kemudian melanjutkan perjalanan ke krakatau.


Jarak tempuh Sebesi-Krakatau kurang lebih 1.5jam dengan kondisi ombak yang lumayan tinggi utk perahu kami yang kecil, tapi ga terlalu berasa karena sepanjang perjalanan kami tidur.. dan baru bangun menjelang tiba disana. Ternyata hari itu banyak juga yang "berkunjung" ke krakatau, tapi kami tiba mereka pergi, jadi ketika mendaki, hanya rombongan kami tersisa. Dengan dikawal oleh 2 ranger dari dinas kehutanan, kami pun mendaki menuju puncak krakatau. Ternyata dari titik awal pendakian hingga puncak, hanya 900 meter, tapi karena mendaki dan tanpa alat pula, lumayan berat buat kami. Begitu sampai dipuncak....Subhanallah... begitu indah Allah menciptakan... begitu indah Indonesia..... 

Tidak lama kami disana, karena hujan mendadak turun, dan juga senja mulai tiba. Pukul setengah 6 kami pun meninggalkan krakatau utk kembali ke Sebesi. Dan mimpi buruk pun dimulai. Berhubung mendung, cuaca jadi kurang bersahabat, 1.5 jam perjalanan kembali ke sebesi bagai tanpa ujung, apalagi dengan kondisi perahu yang tanpa lampu... alhamdulillah, berhasil kembali ke sebesi... makan, mandi utk kemudian beristirahat.


Esok paginya, selesai sarapan, mandi dan packing kamipun berniat kembali ke canti lagi, dengan perhitungan agar tidak terlalu malam sampai dijakarta. Maka jam 9 pun kami beranjak meninggalkan Sebesi, pamit dengan sang pemilik penginapan, dan memulai kembali ke titik awal. 1.5 jam perjalanan Sebesi-Canti, 1.5 jam perjalanan Canti-Bakaheuni dan 2 jam perjalanan Bakaheuni-Merak. Untuk kemudian berpisah utk melanjutkan perjalanan menuju rumah masing-masing. 




Banyak terimakasih utk Adie yang telah mengatur trip ini, Nunik, Fio, Edu, Ade, Brusley, Tetra, Juli, kakak-beradik Asni-Hana, Daoc, Eva, Endah, dan Oe... senang punya teman seperjalanan yang "stress" seperti kalian... cu @ Kiluan ASAP :)

4 comments:

  1. Rameee...! :-D

    Baru tahu, bisa menetralisir racun ubur-ubur dengan pasir pantai. Alam itu memang hebat ya, selalu menyediakan apa yang dibutuhkan manusia.

    BTW, lain kali daki Krakatau dulu kali ya, baru main-main di pulau lainnya, biar nggak kemalaman? :-?

    Krakatau itu curam gak sih, Dev? Parah mana sama Semeru?

    ReplyDelete
  2. alesyan pertama kenapa mendaki krakatau-nya dilakukan disore hari adalah : GA MAU ITEM xixixi ternyata malah ngga puas disana :D

    klo diitung secara kasat mata, krakatau memiliki sudut kemiringan 45 derajat dengan jarak pendakian 900mtr (setiap 100 mtr ditandai dengan patok kayu) beda banget krakatau dengan semeru...semeru mah jelas2 gunung dengan banyak hamparan pohon yang bikin sejuk, klo krakatau..gersaaaang, cuman keunggulan ke krakatau adalah dpt gunung sekaligus laut :)

    ReplyDelete
  3. hadooowwww... terombang ambing di laut gitu... gag deeehhh...
    gua gag bisa berenang :((

    mendaki gunung pulaa...
    berat membawa badan sendiri :P

    ReplyDelete
  4. @Quinie : gw jg ngga bisa berenang tuh... pelampung aja modalnya (haha)

    ReplyDelete

Mau Komen2 Boleh, asal jangan nyepam yak!!!