Tuesday, March 10, 2009

Journey To Padang : 5-8 Maret 2009 (1)

Yess!!! akhirnya jadi jg saya melancong ke padang, setelah nyaris setahun booking tiket AA.. bayangin aja, booking tiket dari Mei 2008 dan berangkat Maret 2009 *phew*. Walau ini bukan pertama kalinya saya menginjakkan kaki di ranah minang ini, tapi sensasinya terasa berbeda.
Oia, saking lamanya jarak antara pemesanan tiket dan tanggal keberangkatan, maka jumlah peserta pun susut, dari 7 menjadi 5... saya pun nyaris batal krn isu "mutasi" yg ga jelas itu. Tapi akhirnya berhasil jg meloloskan diri....Padang, I'm comiiiing... !

Hari ke-satu
Setelah mengajukan cuti dua hari, ya walau pesawat dijadwalkan berangkat sore, tapi saya ga mau terburu-buru. Setengah 12 berangkat dari rumah menuju pool-damri bekasi di kawasan Mega Bekasi hypermall. Setiba disana jam 12.35, terlambat 5 menit dari bis yg sebelumnya *jadwal damri setiap setengah jam sekali* , mau sholat dulu takut keburu2, lagipula agak repot dengan carrier :( akhirnya diputuskan utk sholat di bandara.
Tiba di soetta, nyaris setengah 3, dan disana sudah berkumpul Ali, Rini dan Ade... Ardi? hmmm still on the way.. ampyuuun! bahkan di setengah jam sebelum check-in, Ardi blom muncul juga, kecemasan melanda... tapi akhirnya dia muncul juga *phew*
Pesawat yg kami tumpangi adalah Airbus-320 AA dengan nomor penerbangan QZ7526, berangkat 15.40wib ditengah hujan gerimis. Agak spooky juga, apalagi pesawat sempet bumpy dan berkali-kali bergetar, tapi memasuki padang, cuaca berubah cerah.. landingnya pun mulus sekali nyaris tak terasa.. Alhamdulillah mendarat jg kami di padang.

Lewat setengah 6, kami baru meninggalkan bandara, dijemput oleh Uda Indra yg sudah di booking Rini jauh2 hari untuk mengantar kami selama 3 hari di padang. Bukittinggi adalah tujuan pertama, sebenarnya kepingin ke lembah anai dulu tapi keburu gelap.. untungnya masih kebagian utk mencicipi sate mak syukur.. hmm yummy..

Setiba di bukittinggi, yg kami lakukan selanjutnya adalah mencari tempat bermalam, kebetulan Ardi sudah mendapat referensi dari milis back-packer, dan tibalah kami di penginapan singgalang indah yg bertarif Rp 90.000,- utk ber-3 dan Rp 70.000,- utk ber-2 , sangat murah walo ga dapet sarapan, no TV dan no Hot Water..hotelnya pun bersih.

Setelah check-in dan menaruh barang bawaan, kami menuju tujuan wisata pertama yaitu jam gadang. Narsis2 pastinya... dan pulangnya kami pun menikmati sekoteng didepan penginapan. Maklum hawa bukittinggi swejuuk sekaliiiii... berhubung badan penat, setelah bersih2 kamipun langsung terlelap.

Zzzz...zzzz...zzz....

Hari ke-dua
Rencana hari kedua, tetap ke jam gadang... setelah narsis di waktu malam, maka kami ga mau rugi utk tidak bernarsis ria di waktu siang. Sebetulnya sih ingin mampir ke pasar atas, tapi apa daya, ternyata jam 7 pagi itu, pasar blom buka, akhirnya diputuskan utk mengunjungi benteng fort de kock, yang mana benteng ini terhubung dengan kebun binatang bukittinggi melalui jembatan limpapeh. Tarif masuknya hanya Rp 5.000,-/orang, cuman sayang...benteng tak terawat, masih banyak sampah yg berserakan dimana-mana.. :( atau kami yg datang kepagian, sampai2 petugas kebersihannya pun blm bertugas :D

Puas bernarsis di seputaran benteng, kamipun menuju pasar atas dengan berjalan kaki.. menyenangkan sekali menikmati jalan kaki dibukittinggi di pagi hari. Menjelajah pasar atas, sambil sarapan lontong pical khas padang.

Selesai sarapan, perjalanan lanjut ke lembah echo.. ntah apa ya namanya, tapi Uda Indra itu menyebutnya lembah echo, ada air terjunnya jg... walo ga bisa disebut air terjun karena debit airnya yg rendah. Tidak banyak objek wisata yg bisa di-explore disitu, tapi lumayan bisa ber-narsis jaya bweheuheuheu....

Dari lembah echo, kami balik lagi ke bukittinggi, makan siang di pasar atas (lagi).. tadinya mau ke "simpang-raya" tapi kok kesannya restoran sekali ya, maka jadilah kami menikmati nasi kapau "uni lis" di pasar atas, total kerusakan di "uni lis" hanya Rp 94.000,- saja utk ber-6. Perut kenyang hati ria.. perjalanan pun lanjut menuju lobang jepang + ngarai sihanouk.

Ke lobang jepang, ga puwas klo ga menjelajah dalamnya..harga tiket masuknya saya lupa, hehehhe... berhubung bukan saya yg bendahara, tapi keknya ga mahal deh, ga sampe ngegadai KTP. Ngarai Sihanouk dan lobang jepang berada disatu lokasi, sekarang banyak monyet yg berkeliaran disana, lucu-lucu siy, cuman rada galak. Ada satu pasutri yg kena dikerjain monyet, botol air mineral mereka "dicolong" sama si monyet. Lucu juga ngeliat monyet minum air kemasan hihihihi....

Sesampainya di mulut lobang, kami dihampiri oleh pemandu wisata, tapi berhubung kami cuman mau liat2 aja, maka kamipun memutuskan utk meng-explore sendiri isi perut dari lobang jepang tersebut. Well, anak tangganya lumayan curam, hawanya sejuk... ntah karena adanya "pintu keluar" yg mengarah ke ngarai atau lain hal? intinya mah sejuk..dingin dan adem. Bagian dalam lubang sepertinya sudah mengalami renovasi. Sepertinya akan dibangun cafe disana, hmmm ... ga ngebayangin, turunnya okelah, naik keatasnya.. phew.. perlu perjuangan, apalagi buat saya yg tidak langsing xixixixi..

Selesai dari lobang jepang, kami menuju padang. Karena keesokan harinya, kami berencana akan menyebrang ke sikuai. Sempat mampir juga ke lembah anai ketika menuju padang. Sampai dipadang, udah gelap... betenya sinyal telkomsel sempat "down", padahal kami lom menemukan tempat utk bermalam. Atas referensi Ardi, kami menuju hotel garuda yg terletak di sekitaran pasar padang... ampyuuun not recommended deh, murah siy murah tapi bangunan lama, bo... so scary.. hiiiiy

So, kami mencari hotel lain, akhirnya setelah berkeliling, pilihan jatuh pada hotel djakarta, dari luar bangunan terlihat modern, begitupula dengan front office-nya tapi begitu masuk kedalam... wew, sama aja.. tapi mendingan lha dibanding hotel sebelumnya. Fasilitasnya ada TV, air panas dan AC.. yupz berhubung padang panas, maka kami memutuskan utk memakai kamar yg ber-AC. Pas sesi mandi baru deh ketauan jeleknya, tu air panas ga bisa di-stel... pilihannya cuman 2, panas dan panas sekali... *demn!* Oia, sebelum mencari tempat bermalam, kami sempat makan malam dulu dan belanja oleh2 di "christine hakim" *suweer, ini bukan christine hakim yg artis itu loh...* :D

Hari ke-2 selesai sampai disini... dan besok kami menyebrang ke sikuai...

1. Mana hasil narsis-narsisnya? :-D

2. xixixixi..
    lom di aplot neh, lom sempet nge-resize-nya
    *lagi kumat malesnya*
    (doh)

Mau Komen2 Boleh, asal jangan nyepam yak!!!