Saturday, September 15, 2007

Trip to Bromo - Hari ke-4

Mengakhiri episode perjalan ke bromo.. semoga , secara dah pegel dah rada lupa juga dg alur ceritanya hehehe...

-Madakaripura, kami datang-
Setelah puas menikmati sunrise dipananjakan, kamipun beralih tujuan utk mendekati kawah gn.bromo dari dekat. Kabut masih menyelimuti kawasan sekitar bromo ketika kami turun, cuaca sudah terang, tapi ngga tahu persis dah jam berapa selama tripping, saya emang jarang bawa jam kecuali jam yg ada di hengpon. Mendekati kawah bromo, banyak abang2 sebut saja demikian yg menawarkan kuda, jasa angkut kuda maksudnya.. utk menuju kawah. Saya tidak terlalu interest utk naik kuda, dan tidak terlalu kepengen jg naik ke kawah. Sementara kawan yg lain terlihat interest utk melihat sisa2 sajen yang dilemparkan semalam. Saya lihat banyak org, mungkin penduduk sekitar yg lalu-lalang dengan membawa banyak pikulan. Blom terbersit apa yg mereka bawa dalam pikiran, cuman sedikit janggal kalo menebak mereka membawa barang dagangan. Belakangan saya baru 'ngeh klo mereka itu, membawa sisa2 sesajen yg dilemparkan ke mulut kawah gn. bromo. Ngga lama kemudian, saya pun tiba2 tergerak utk ikutan naik ke kawah, setelah mendengar ajakan Mbak Tari utk naik. Turun dari mobil, kembali banyak tawaran jasa angkut kuda.. dooh, mahal.. 50rb utk pulang-pergi.. "ngga, pak..makasih," sahut saya, secara ngga bawa duit juga, pdhal kepengen juga ngerasain naik kuda hehehe... si abang2 itu tetap ngikutin saya dan Mbak Tari dari belakang..
"40rb deh, mbak" tawar si abangnya lagi
"ngga, pak" saya masih nolak... nolak karena ngga bawa duit
"20rb deh, utk pulang-pergi.. lumayan loh.. jauh jalan ke atasnya,"tawarnya lagi
saya hanya menggeleng, menolak halus.
siabang tukang kuda, masih mengikuti saya. Setelah separuh perjalanan, dia masih menawarkan dg tidak putus asa," 5rb deh utk sekali jalan".
duh..melas banget, klo ada 5rb dikantong, mungkin langsung saya kasih ke beliau ini.
. maaf, yaa paak.. kata saya dalam hati sambil mengelus kepala si kuda.

Perjalanan berlanjut, lumayan jauh juga utk menuju puncak bromo, blom lagi undakan
tangga yg ngga bisa dibilang lumayan. Rombongan orang2 yg saya ceritakan semakin banyak, dan dari deket saya liat jelas bawaan mereka, sebagian berupa sayuran, ada juga binatang ternak (?). yups, akhirnya saya simpulkan bahwa orang2 itu "memang" mengangkut sisa sesajen yg semalem.

Setelah puas menjelajah kawah bromo, kamipun melanjutkan perjalanan, tujuan kali ini ke air terjun madakaripura, sebelumnya kami mampir dulu ke BP1, utk check-out dan sarapan. Disini kami berpisah dg Rey, secara dia dah ada janji dg temannya di surabay... bye, Rey..

Madakaripura, terletak di kabupaten probolinggo - jawa timur, kurang lebih 1 jam perjalanan dari lautan pasir bromo. Untuk mencapai titik air terjun utama, memerlukan easy-trekking kurang lebih 15 menit utk perjalanan pulang dan biasanya lebih lama ketika perjalanan menuju air terjunnya. Jalan setapak menuju ke air terjun banyak yg putus karena longsor akibat musim penghujan bulan lalu, akibatnya separuh perjalanan ditempuh dengan turun ke air... horeee...
dan akhirnya kita sampai, ada jg yg jualan loh , yg nyewain payung jg ada.. tapi kayaknya lebih enak basah2an deh. Menurut info, terdapat 7 air terjun dikawasan ini, paling tinggi mencapai 200 meter ketinggiannya. Oia, air terjun disini menimbulkan efek tirai yg indah dipandang, dan basah dirasakan .. hihi.. ngga penting yaa.. secara kami lupa bawa payung, jadi efek basah itu sangat terasa. Katanya lagi , air terjun ini dulunya tempat mahapatih gajah mada mandi.

Setelah berpuas-puas basah2an, kami pun kembali ke probolinggo, menuju kediaman pak Iman, pemilik elf yg kami sewa. Numpang ishoma, utk seterusnya melanjutkan perjalanan ke surabaya dg bus.

-Surabaya.. kami datang-
Sekitar maghrib kami tiba disurabaya, untungnya Lilo, salah satu BP Surabaya, udah ngebooking kamar di hotel remaja, yg terletak ngga jauh dari kebon binatang surabaya. Tarif kamar 180rb/malam, bisa ditempati 8 orang, tapi berhubung kami cuman ber-4, jadinya ditempati ber-4 aja..tadinya sempet protes, kenapa ngga dibooking-in yg buat 4 orang aja, tp ternyata tarifnya sama utk 4 atau 8 orang.. hehehe...yo wis lah. Fasilitas hotel ini lumayan juga, ada AC, kamar mandi dalam, kasur sping-bed, TV, sarapan pagi dan terhitung bersih dan rapih. Kami mampir ke hotel hanya utk naruh backpack dan nunggu Lilo utk menjemput.

Setelah Lilo datang, kami pun menuju kya-kya, katanya kawasan ini merupakan china-townnya surabaya. Tadinya mau makan malem disini, cuman kok banyak yg ngga halal yaa.. akhirnya cuman belanja souvenir dan liat-liat doangan. Nasi bebek pun jadi menu makan malam kami, tapi Mbak Tari dan Rusman ngga ikutan, secara mereka harus ngejar penerbangan kembali ke jakarta malam ini... bye Mbak Tari.. cu next trip..

Selesai makan malam, Lilo ngusulin buat surabaya-undercover, mengunjungi kawasan doli dimalam hari. Tapi sepertinya kami sudah ngga sanggup, hanya sisa seperempat nyawa yg tinggal dibadan. Akhirnya kamipun kembali ke penginapan, sholat, gosok gigi dan tidur tanpa mandi.. hehehe.. kan dah mandi pas di probolinggo *ngeles*

-Pagi disurabaya-
whoooam... bangun pagi disurabaya...sholat subuh kesiangan hehehe.. nyenyak jg tidur semalem, walau tanpa mandi. So.. pagi ini harus mandi..sambil sarapan kami menyusun "peta" perjalanan, pesawat take-off jam 17.10, jadi kami harus dibandara maksimal jam 16.10, jadi must visit place adalah : HOS (House Of Sampoerna), belanja oleh2, klo sempat mampir ke patung suro dan boyo dan untuk menghemat waktu dan biaya, kami sekalian check-out ketika berangkat dan nitip backpack sama petugas hotel hehehe...

Tujuan pertama , HOS.. jauh juga yaa.. atau angkotnya yg lelet? eniwei, samapi juga kita di HOS, tanya sama pak satpam, katanya gratis.. hihih.. girang nemu yg gratisan. Memasuki bangunan HOS, kami dihadapkan oleh bau tembakau yg
menyeruak keseluruh penjuru ruangan. Sejarah mengenai awal berdirinya pabrik rokok sampoerna sampai sekarang disajikan secara interaktif melalui video layar sentuh yg terletak di sebelah kiri pintu masuk. Mendengar dan melihat bagaimana perjuangan pendiri grup sampoerna, membuat saya salut dan kagum..Hebat!! klo saja bisa ketemu sama beliau ini. Memasuki ruangan berikutnya, dipajang foto-foto yg mewakili sejarah perusahaan, ruangan berikutnya, jejeran produk dipajang dalam etalase kaca. Naik kelantai dua, terdapat kios kecil yg menjual cinderamata dan terlihat juga "maket" hidup dari pabrik rokok ini. Para pekerja terlihat sedang bekerja dg diiringi musik.. yups.. musik.

NGga terasa, lama juga kami menghabiskan waktu disini, hari beranjak siang, dg menumpang bis, kami menuju pasar genting, tempat menjual oleh2. Menjejakkan kaki pasar genting, kami dihadapkan oleh berbagai pilihan toko yg menjual oleh2 khas surabaya. Setelah keliling, akhirnya kami memutuskan untuk membeli oleh2 ditoko yg paling besar.. Lumayan banyak pilihan, diluar toko jg ada yg jual mangga, duh klo ngga inget beratnya, pasti saya dah borong mangga2 itu..hehehe.. Puas berbelanja, kami pun makan siang, menu kali ini adalah nasi soto ayam yg berada disekitaran pasar genting. Selesai makan, masih ada sedikit waktu yg tersisa dan utk mampir ke tugu suro dan boyo sepertinya tidak memungkinkan. akhirnya utk "membunuh" waktu, kami pun mampir ke Mall heheheh..backpacker nge-mall :p, salah satu mall yg terbesar di surabaya, yg kami tempuh hanya dengan berjalan kaki dari pasar genting. Setelah dirasa cukup kamipun kembali ke penginapan, ambil backpack, dan naik taksi menuju bandara.

16.15wib, kami tiba dibandara, check-in, nunggu sebentar, dan memasuki pesawat... ucapkan selamat tinggal pada surabaya. Thanks buat kawan2 yg sudah mau kami repotkan. Moga lain waktu kita bisa nge-trip bareng lagi.

18.30wib, langit jakarta terlihat mendung, kamipun mendarat dg selamat di soetta. Setelah berpamitan, kamipun berpisah. Bis Damri tujuan bekasi kebetulan sedang merapat, setelah mendapat tempat duduk, saya pun meng-sms orang rumah minta dijemput di titik pemberhentian.

21.45wib, sampai juga dirumah... Alhamdulillah.

Dengan ini selesai sudah, catper ke bromo selama 4 hari 24-28 agustus 2007. Terimakasih buat teman-teman seperjalanan yg memungkinkan trip kali ini bisa berjalan, mohon maaf buat dian yg ngga bisa ikutan.. next time kita ke bromo lagi ya, Di...semangat!!!

kembali bekerja

1 comment:

1. Boleh minta tolong kasih gambaran biaya nya g?mmau ya..pengen juga ni,hehehe..mau dunk sharing k bromo nya..thx b4

Mau Komen2 Boleh, asal jangan nyepam yak!!!