Monday, September 10, 2007

Trip to Bromo - Hari ke-3

-Sarapan di kota Malang-

Setelah Malang undercover tidur dengan nyenyak maksudnya :p , paginya saya bangun dg perut keroncongan, rasanya sisa2 wisata kuliner kemarin ngga berbekas hehehehe.... maklum dong, secara malang dingin jadi lemak2 banyak yg terbakar :p *ngeles* . Aktifitas minggu pagi penduduk dikota malang dimulai dg olahraga bersama di balaikota, rajin2 banget yaah warga malang, begitu ada pengumumuman utk olahraga bersama, serentak para penduduknya langsung bergerak, coba di jakarta.. eh, ngga usah jauh2 jakarta, lingkungan RW saya deh.. huh mana bisa kompak dan nurut kayak gitu :( Saya menyusuri jalan disebelah penginapan, ternyata banyak warung makan berjejer, cuman lom pada buka.. yah walaupun ada yg udah buka, tapi lauknya lom ada :( akhirnya saya kembali lagi ke penginapan, Rey dan si JJ ternyata dah bangun dan sedang berjemur.. setelah kedinginan semalem, rasanya bahagia sekali ngeliat matahari :)

Menu sarapan pagi kami adalah nasi rawon di warung sebelah penginapan, uenaaknya... rasanya pol.. ** pol juga harganya yg masih dibawah 5000perak :) **. Mas Tori pun ikut bergabung bersama kami, walaupun ngga ikutan sarapan. Setelah mandi dan acara cuci-mencuci **tetep ya boo.. kami pun menentukan tujuan masing2, JJ mau beli topi kupluk+sarung tangan buat persiapan di bromo, saya niat mo hunting acara pawai secara kebetulan ada pawai 17-an di kota malang sementara Rey memutuskan utk stayed dipenginapan, membenahi isi bawaannya.. giliiing Rey, bawaan lo buanyaak bener. Akhirnya, JJ diantar mas Tori ke pasar, saya ngangkot menuju balaikota utk ngeliat pawai.

Sesampainya di depan stasiun malang, angkot yg saya tumpangi terpaksa berbalik arah, krn sebagian badan jalan udah ditutup utk parkir kendaraan peserta pawai, terpaksalah saya turun utk kemudian jalan kaki.. tiba2 ada panggilan masuk, Mas Anto telpon katanya sedang menuju malang dari surabaya.. waah, terharu.. sekalian aja saya titip buat pinjem jaketnya :p

Setengah jam kemudian saya sudah berbaur dg warga malang utk menikmati pawai... duh , panas... walau dah pake topi tapi sepertinya ngga berpengaruh banyak, setengah jam kedepan pawai blom juga dimulai... tiba2 JJ sms, meminta saya utk bergabung bersamanya di tribun walikota.. pemanfaatan id-press yg baik sekali J.. :p tapi saya tolak secara dah mendapatkan view yg enak cieee.... 15 menit berlalu tapi pawai ngga dimulai juga.. huh saya mulai bete, apalagi ada kabar dari mas Anto bahwa dia dah sampai penginapan, akhirnya saya pulang kembali ke penginapan dan hanya mendapatkan foto2 jejeran kendaraan pawai disepanjang jalan saya menuju penginapan.

Setibanya dipenginapan, terlihat Rey dan Mas Anto tengah bercakap2, ternyata Rey sedang menanyakan alternatif jalan menuju bromo. Kesimpulan dari percakapan adalah alternatif terbaik dan tercepat adalah lewat tumpang, krn dg adanya pawai ini, kondisi jalan tidak bisa diprediksi. Saya coba menghubungi Syifa dan Indah, tapi ngga ada jawaban. Kabar terakhir dari mereka, adalah mereka berencanan meninggalkan sempu pada pukul 08.00 pagi.. tapi setelah jam 11 ngga ada kabar, akhirnya saya memutuskan utk ikut Rey ke bromo melalui tumpang, JJ pun setuju buat ikutan.

Selesai maksi, sholat dan packing.. kamipun bergegas menuju terminal, kami pamit ke Mas Tori, sementara mas Anto ikut nganter kami sampai Tumpang. Perjalanan tidak 100% lancar, parade pawai bikin jalanan tersendat. Pas ashar kami pun tiba ditumpang, terlihat ada 2 orang pendaki yg menunggu jip-angkot yah sebut saja demikian, secara jip ini cara kerjanya mirip angkot, ngga ada sistem
carteran
. Kurang lebih setengah jam menunggu, jip itupun tiba, didalam jip sudah ada 4orang ditambah kami ber-5, jadi ber-9, Rey dan JJ duduk didepan deket supir, sementara saya ikut rombongan pendaki berdiri dibelakang. Selesai ikat-mengikat barang, jip pun berangkat, bye mas anto, makasih dah dianterin.. makasih jg buat jaketnya.

Jalur tumpang merupakan jalan alternatif terdekat menuju bromo selain lewat probolinggo jalur yg semula kami rencanakan, jalannya berliku, kecil hanya muat 1 mobil , plus 1 motor, itu pun pas2an tapi pemandangannya indaaaah banget... melewati perkebunan apel, perkebunan sayuran, bisa melihat puncak mahameru yg sedang giat2nya mengeluarkan wedus-gembel dan terlihat lautan pasir bromo dari atas. Posko pertama kami saya menyebutnya demikian, krn model jip ini kan kaya angkot, jadi antar-mengantar gitu deh adalah griya asri yg merupakan desa terakhir utk menuju mahameru. 2 Pendaki yg ikut rombongan kami turun disana..oia di griya asri ini terdapat ranu pane atau ranu pani yaa..? CMIIW. Beristirahat sejenak, sambil mengisi bahan bakar. Setengah jam kemudian kami pun melanjutkan perjalanan menuju bromo.

-Bromo, kami datang...-
Lewat maghrib kami tiba dibromo, setelah melewati lautan pasir yg menyesakkan napas dan memedihkan mata, tapi sekali lagi kami harus menurukan penumpang lain tepat di kaki bromo sebelum kami diantar menuju Bromo Permai I (BP1). Setibanya di BP1, kami langsung check-in,..brrr.. dinginnya.. ini baru jam 7-an, gimana malem nanti? oia, kelupaan... tarif utk jip-angkot adalah 50rb utk jarak tempuh tumpang-bromo dan 30rb utk jarak tempuh tumpang-agro wisata. Segera setelah masuk kamar kami langsung bongkar bawaan.. Rey memutuskan utk mandi - untungnya air hangat menjadi fasilitas standar hotel ini- saya dan JJ memutuskan utk santap malam dulu dg makanan yg sudah kami beli ketika menunggu jip-angkot ditumpang.

Setelah bersih diri dan bersih hati sholat maksudnya ... kami pun memutuskan utk tidur..waktu sudah menunjukkan pukul 8 lebih atau bahkan kurang... maaf ngga tau persisnya. Baru 15 menit tidur, syifa telepon, dia dan Indah dah di probolinggo, dan akan menjemput sekitar jam 10 utk ikutan kesodho.. "oke.." sahut saya pendek setengah sadar. Dan tidur pun berlanjut. Jam 10.30 malam, syifa telepon lagi dan bilang klo dia dan rombongan rombongan ini terdiri dari= syifa, indah, jo, pak imam (pemilik elf) dan seorang kenek udah didepan pintu masuk BP1. "oke.." sahut saya lagi dan meneruskan tidur. Tiba2 kehangatan saya terusik, hawa dingin menyeruak masuk kamar dan suara syifa memecahkan keheningan malam... sok puitis banget yaaak... :d "Woii.. masih pada tidur, gw kira dah pada siap,.. hayoo bangun.. kesodho ngga menuggu kita.. hiks.. rasanya ngga rela berpisah dengan tumpukan selimut hangat.. Akhirnya kami yg tersisa bangkit juga, saya pake satu kaos lengan pendek, 1 kaos lengan panjang, 1 sweater dan nenteng jaket pinjaman, utk bagian kaki saya kenakan 1 pasang kaos kaki, 1 plastik kresek, lalu 1 pasang kaos kaki lagi baru sendal gunung kantong kresek itu ide dari mas Tori, katanya biar udara ngga tembus ke kulit, yah.. terdengar masuk akal, sarung tangan, kopi kupluk, slayer, kamera ini yg haram klo ketinggalan. Dan .. kesodho.. kami dataang..!!!

-Kesodho yg gagal-
Abu pasir dan bau belerang yg tajam menyeruak ketika kami tiba dilautan pasir.." Ini pasti salah tanggal, jadinya si mbah bromo batuk," jelas Pak Imam. "oooh.. gitu .."
Rombongan pertama yg turun dari mobil adalah Rey dan Jo, secara kami dah janjian sama Mbak Tari dan Rusman, BP-Jakarta juga, utk ketemuan di pintu gerbang pura. Setelah itu, Syifa memberanikan diri untuk ikutan turun. Berhubung ngga betah didalam mobil tanpa melakukan apapun, akhirnya saya, JJ dan Indah ikutan turun jg. Memasuki pelataran pura, sudah banyak warga Hindu-Tengger yg melakukan ritual acara awal kesodho, hal yg pertama adalah menyerahkan sesaji2 yg sudah mereka siapkan utk di jampi2 oleh sang dukun.. oia katanya bakalan ada acara pelantikan dukun juga, tapi lom jelas kapan tepatnya.

Semakin lama, bau belerang makin menusuk, rombongan kami pun tumbang satu persatu - kembali ke mobil. Sebenarnya sih, karena tidak ada kejelasan kapan arak2 sesajen itu bakal berjalan, makanya kami memutuskan utk menuju pananjakan.. :p
Rombongan kami bertambah dg bergabungnya Mabk Tari dan Rusman.

Ternyata pananjakan jauh juga yaa.. saya dan mungkin yg lainnya juga sempat tertidur sebelum akhirnya mobil berhenti. Tapi kami tidak langsung memutuskan untuk turun, melainkan melanjutkan tidur, walau udara jelas2 tidak bersahabat. Salut sama Pak Imam, yg cuman berselempangkan sarung doangan. Jam 4 kami dibangunkan.."Yuks..yuk.. liat sunrise" ajak pak Imam. Kamipun naik ke puncak pananjakan, Indah dan Syifa menambah tumpukan jaket dengan menyewa. Sampai pundak dah banyak yg berkumpul, ada yg mungkin dari tengah malam dah dateng dan menyalakan api unggun... wwwaaaa.. hangatnya.. buru2 kami mencari posisi, ngga selang berapa lama,
semburat merah mulai muncul di ufuk timur, Masya Allah.. indahnya.. berasa semakin kecil dihadapan-Nya..

Dan mentari pun semakin menampakkan dirinya, memberi suara kehidupan pada alam semesta. Bromo terlihat berselimutkan kabut...berkilauan ditimpa sinar mentari.
" Dalam 10 tahun mendatang, akankah anak cucu kita menikmati ini semua?" celetuk Rusman, menimbulkan renungan.