Friday, September 23, 2016

SIM Keliling


Ini cerita sudah lama berlalu, iyes... baru sempat ngeblog lagi, karena....malas hehehhe..
Eniwei, mau cerita perpanjangan SIM aja, ada 2 hal yang berhubungan dengan urusan surat-menyurat dan kelembagaan, namun kali ini SIM aja dulu yak.

Beberapa bulan lalu, SIM saya mau habis masa berlakunya, keduanya jenis C dan A, untungnya barengan jadi sekalian ngurusnya, ngga enaknya jadi dobel duitnya hahaha. Emang udah bertekad dari tahun lalu, dan diniatkan untuk  memperpanjang SIM melalui SIM keliling, sistem perpanjangan sim menggunakan mobil jadi tidak perlu ke polres.

Jadwal SIM ini bisa cek disini atau gugling untuk info yang up to date, biasanya lokasi berpindah dari satu hari ke hari yang lain, tapi fix untuk tiap harinya. Misalkan hari rabu, mobil sim ini mangkal di carrefour harapan indah, dan akan mangkal disitu terus untuk tiap hari rabu, bila tidak ada aral-melintang. Jadilah hari rabu saya mendatangi tempat yang telah ditetapkan, sengaja ijin datang kantor siang, dengan harapan jam 10-11 sudah balik kantor lagi, pikiran saya namanya sim keliling, pastinya menyingkat banyak prosedur... toh perpanjang ini bukan bikin baru.

Tapi ternyata ekspektasi berbeda dari kenyataan, saya datang jam 7.45, mobil sim keliling datang jam 9.30 (kata petugas parkir di carrefour), memang saya lihat mobil simnya belum tampak. Duduk manislah saya di sekitaran situ, banyak orang juga sudah berkumpul, ngobrol2 dengan orang disebelah, ternyata kudu daftar dulu di list... oalah..ngibrit ke tempat pendaftaran, udah kebagian gelombang 3 urutan 8, utk satu gelombangnya 50 orang,  mantapkan saya udah diurutan 108.

Jam 9.45 mobil sim masuk, persiapan kurang lebih 15-20 menit, baru mulai dipanggil sesuai urutan pendaftaran, dari situ saya tau, ada pembatasan jumlah perpanjangan sim, yaitu 150 orang. Karena ada beberapa orang yg datang setelah jam 9.30 itu tidak dilayani karena kuota sudah penuh, dan diminta kembali rabu depan atau ke polres bekasi.

Selesai persiapan, mulailah dipanggil satu-persatu, pemeriksaan berkas, diberikan formulir dan bayar untuk pemeriksaan kesehatan yang mana ngga ada pemeriksaan sama sekali, bayar 30rb klo ngga salah ingat. Formulir yang sudah diisi dikembalikan ke petugas, nah disini urutan nomor pendaftaran awal mulai ngga berurut, siapa yang cepat mengisi dan mengembalikan bisa dipanggil lebih dulu untuk foto. Selesai foto langsung jadi? Harusnya iya, tapi diminta nunggu lagi untuk dipanggil. Lama sangat.... saya sendiri selesai dikisaran jam 13.30, dan baru sampai ngantor di jam 14.00

Kapok....? sepertinya
Rekomended? so-so
Sepertinya lebih cepat di polres, wlo harus mondar-mandir, krn lokasi loket yang berbeda.
Untungnya hanya 5 tahun sekali hehehe..


5 comments:

  1. Kenapa ya kalo public service kita kok ya gitu. Ya ngaret, ya lama, ya dibatasin -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mak, aku pun ngga paham...yoweslah, pasrah aja, untungnya cuman 5 tahun sekali :D

      Delete
  2. klo gw udah 2 kali perpanjang sim di samsat yang di mall, enak dingin ber ac jadi pas di foto mukanya gak lusuh hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. aiiih enaknya, kmrn gw di lapangan parkir gitu, dan bener muka jadi lusuh hwaaaa

      Delete
  3. hahaha, true, untung yang beginian cuma 5 tahun sekali, tapi kmrn sim sempet mati sih, nyatut saya, tapi tetep aja gak bisa cepet, dtg jam 8 selesai jam 2 siang T_T

    ReplyDelete

Mau Komen2 Boleh, asal jangan nyepam yak!!!