Wednesday, October 13, 2010

sehari tanpa nasi.




Nasi, sudah menjadi makanan pokok bagi kebanyakan masyarakat di Indonesia. Malah sampai ada slogan “klo blm makan nasi, blm makan namanya”. Segitu tergantungnya kah masyarakat Indonesia akan makanan pokok yang satu ini?

Semalam, saya menonton tayangan di salah satu televisi swasta, menampilkan pembicara Bapak Ahmad Suryana, seorang staf bidang ketahanan pangan *cmiiw*. Beliau, entah apakah idenya murni dari beliau atau tidak, mewacanakan satu hari tanpa nasi. Tapi nasi yang satu hari itu tidak kita konsumsi, tidak akan sia-sia, melainkan akan disumbangkan ke daerah2 rawan pangan di Indonesia. Suatu wacana yang saya rasa amat menarik, harga nasi saat ini di bekasi, sebagai contoh rumah makan sekelas jap*s, mencapai nilai 3000-4000rupiah utk satu tangkap, satu tangkap diasumsikan seporsi nasi padang, mahal kan? udah dikit, mahal pula (doh) Sementara kita makan sehari 3x *jika sarapan diitung makan nasi juga ---- yeaaah it’s so me :d* kalau satu keluarga? Wewww…banyak juga yaaa yang bisa kita sumbang utk daerah2 rawan pangan di Indonesia

Agak tergelitik dengan komentar dari bapak Siswono Yudhohusodo, yang menanggapi mengenai wacana ini, berikut saya kutip:
"Itu cuma kampanye lucu-lucuan. Kalau beras mau diganti gandum, gandum itu tidak bisa diproduksi di tanah air kita, jadinya selama ini kita malah impor gandum. Jadi jika pemerintah mendorong pengurangan konsumsi beras, itu sama saja mendorong makin besarnya impor gandum ke Indonesia," tuturnya

ngutip dari sini


Yaelah pak… emang harus diganti gandum yaaa? Masih banyak kali sumber karbohidrat lain selain gandum yang harus impor itu, ada jagung, ubi, singkong………atau si bapak itu lebih suka tales? Saya rebusin deh paaak… sekarung klo perlu :p

Dengan kata lain, saya pribadi mendukung wacana “one day without rice” itu, lumayan kan..itung2 diyet karbo kan hehehehe ;)

11 comments:

  1. g bisa idup tanpa nasi..bener kalao belom makan nasi berasa blom makan wkwkw

    ReplyDelete
  2. dari kecil tubuh ini masih tergantung sama nasi. Kalaupun harus nyari alternatif lain mungkin jagung bisa dipakai sebagai gantinya soalnya dulu juga pernah makan nasi jagung.

    ReplyDelete
  3. Hi D3Vy,

    Saya biasanya makan nasi nya kalo siang saja. Pagi biasanya sarapannya roti, trus siang makan nasi, kalo malam lebih suka makan sup tanpa nasi. Lumayan diet karbo kan?

    ReplyDelete
  4. wah, keduluan gw :P
    kapan itu pas baca kampanye ini, gw juga mendukung. apalagi tanpa ada kampanye ini pun, gw emang ga banyak mengkonsumsi nasi. sekedarnya dan seketemunya. gitu aja masih ndut xixixi ..

    so? gw pasti dukunglah kampanye SEHARI TANPA NASI!!!!

    ReplyDelete
  5. jangaaannn.. gua ga bisa hidup tanpa nasiii... biar kata gua udah makan sejuta menu tapi kalo gag ketemu nasi, perut gua bergejolak.

    hm.. tentang rawan pangan, gimana kalo yang kita sumbangin itu gandum?! huahahah...

    ReplyDelete
  6. @mandor + @quinie : waah kaliyan indonesia sekali... :D
    saya juga siy, sarapan pun harus nasi, minimal nasi uduk lah hehehe

    @cipu : hi juga.... wah berarti sekarang tambah melangsing dunks ;)

    @niQue : hahaha...topiknya sama ya dg yg di kbs.net :)

    ReplyDelete
  7. klo sarapan, saya jarang pake nasi, klo lagi males banget malah energen coklat aja :D
    klo siang baru deh makan nasi, klo malem kadang nasi, kadang nggak.. paling bakso atau empek2, mie.. masih kenyang.. :D

    ReplyDelete
  8. sayang kalau tidak dimakan, "itadakimasu"

    ReplyDelete
  9. Setuju!! Sebenarnya banyak yang bisa dicontohkan pejabat-pejabat itu untuk menggerakkan kepedulian terhadap mereka yang kekurangan. Ini salah satunya.

    Persetan lah dengan komentar terakhir itu. Kok saya tiba-tiba sebel sama dia :))

    ReplyDelete
  10. @dini : waaaah...enak ya klo doyan susu

    @komuter : met makaaaaan...!!!

    @dhodie : eitsss... jangan pake `aan` ah :p

    ReplyDelete

Mau Komen2 Boleh, asal jangan nyepam yak!!!